Batam, 2 Juli 2012

Pagi dimulai dengan terburu – buru karena syndrom hari pertama kerja (pengen dapat first impression yang baik). Alhasil,menghabiskan beberapa menit terbuang untuk ganti baju satu ke yang lain.

Waktu sudah 07.05 saat kami berjalan dari Rusun Otorita Muka Kuning (tempat tinggal kami) ke tepi jalan tempat menunggu angkutan yang akan membawa kami ke kantor. Nama angkutannya cukup unik dan jarang di dengar,namanya Dapur 12. Angkutan sejenis minibus berwarna merah (entah merah bata atau merah maroon,haha.)

Perjalanan dari Rusun di daerah Muka Kuning ke arah kantor di daerah Nagoya adalah sekitar 30 menit. Sampai di pusat kota dari Pulau Batam yaitu Nagoya kami menuju gedung Dana Graha tempat dimana kantor kami berada.Pukul 8 lebih kami baru masuk kantor kami yaitu PT.Germanischer Lloyd Indonesia (Germany Ship Classification). Kami masih harus menunggu karena Chief Officer (Bpk Kuwat Pamudji) yang sebelumnya telah kami hubungi sedang di luar pulau. Tapi akhirnya kami bertemu dengan Bpk. Puguh Pribadi dan Bpk.Edi selaku Senior Surveyor lulusan Teknik Mesin Kapal ITS yang bekerja di PT GL Batam.

Selanjutanya kami disambut dengan beberapa pembicaraan tentang apa program kami dalam kerja praktek kali ini. Bpk.Puguh pun menjelaskan bahwa jika bekerja di GL Batam tidak akan berhubungan dengan engineering. Masalah Plan Aprroval (design) tidak ditangani oleh Surveyor GL. Di kantor GL Batam ada 4 orang surveyor yaitu Bpk. Kuwat Pamudji,Bpk.Puguh Pribadi,Bpk.Edi,dan Bpk.Arief.

Project yang sering ditangani oleh GL Batam adalah :

1. Kapal Tugboat (new building)

2. Kapal Tongkang (new building)

3. Kapal Grand Barge (new building)

4. Repair Kapal

GL Batam biasanya melakukan survey pada perusahaan Galangan di sekitar Pulau Batam maupun yang lainnya. Seperti Palma Shipyard,ASL Shipyad,Marcopolo Shipyard, dan lain – lain.

Untuk hari pertama,saya Ratnaning F Endartyana dan teman saya Khalida Wildani RFH hanya ditugaskan di kantor saja karena kami “perempuan”. Sedangkan satu lagi teman kami A. Yoni Setiawan sudah mulai ikut Survey bersama Bpk.Puguh ke 4 proyek yang sedang di tangani oleh GL Batam. Sebenarnya ada sedikit kekecewaan karena masih ada perbedaan gender di dunia Perkapalan. Tapi akhirnya kami nurut juga dengan keputusan Bpk. Puguh.

Alhasil,kami berdua menghabiskan pagi hingga waktu makan siang tiba di ruang dan diberikan untuk kami dengan membuka tutup contoh project,membaca pdf. Maritime Service Library milik GL dan mengambil beberapa foto di kantor. Hingga jam makan siang tiba,kami berdua makan bersama teman kami yang lain ( yang melakukan kerja praktek di PT.Bureau Veritas,satu gedung dengan kami) di tempat makan tidak jauh dari kantor.

Kamipun kembali ke kantor dengan sebelumnya menyempatkan untuk Sholat Dhuhur. Sesampai di kantor, kami meneruskan apa yang kami lakukan sebelum jam makan siang. Hingga sekitar pukul 15.30 kami dipanggil oleh Mbak.Laila (satu – satunya karyawan kantor yang dari pagi ada di GL Batam) bahwa Bpk.Kuwat Pamudji sudah datang. Kami berdua pun akhirnya bertemu dengan Bpk.Kuwat dan membicarakan masalah program kerja di GL,laporan Kerja Praktek dan pengenalan masalah GL secara umum.

Setelah itu kami melanjutkan pekerjaan yang kami lakukan sebelumnya hingga usai jam kantor.

Re.

Advertisements